Senin, 02 April 2012

WAWASAN NUSANTARA


 
Kata wawasan berasal dari bahasa jawa yaitu wawas (mawas) yang artinya melihat atau memandang, jadi kata wawasan dapat diartikan cara pandang atau cara melihat. Sedangkan wawasan nusantara adalah cara pandang suatu bangsa tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung serta pembangunannya di dalam bernegara di tengah-tengah lingkungannya.
Wawasan nasional Indonesia dikembangkan berdasarkan wawasan nasional secara universal sehingga dibentuk oleh paham kekuasaan dan geopolitik yang dipakai Negara Indonesia. Unsur-unsur dasar wawasan nusantar terdiri dari wadah, isi, dan tata laku. Hakekat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara atau nasional.
Wawasan nusantara merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat dengan tujuan agar tidak terjadi penyesatan dan penyimpangan dalam rangka mencapai dan mewujudkan tujuan nasional. Fungsi wawasan nusantara adalah pedoman, motivasi, serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan keputusan, tindakan, dan perbuatan baik bagi penyelenggara Negara maupun masyarakat.
Wawasan nusantara merupakan salah satu cabang ilmu yang merupakan bagian dari pendidikan kewarganegaraan. Wawasan nusantara juga merupakan cabang ilmu yang penting, namun masih jarang ditemui karena banyak orang yang menganggap pendidikan mengenai wawasan nusantar tidak penting.
Wawasan nusantara dapat mencakup segala hal yang berada di Indonesia, terutama tentang budaya. Budaya di Indonesia sesungguhnya sangat lah beragam dan unik, namun banyak dari masyarakat yang sudah terpengaruh globalisasi sehingga meninggalkan budaya adat mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar