Senin, 15 Oktober 2012

Mengapa Produsen Harus Melakukan Segmentasi Pasar



A.Pendahuluan       
Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar ( segmen pasar ) yang bersifat heterogen. Dengan kata lain, segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah. Selain diartikan secara umum, ada juga beberapa ahli yang mendefinisikan segmentasi pasar, diantaranya adalah:
·        Swastha & Handoko (1997) mengartikan segmentasi pasar sebagai kegiatan membagi–bagi pasar/market yang bersifat heterogen kedalam satuan–satuan pasar yang bersifat homogen.
·        Pride & Ferrel (1995)mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.

Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Menurut Porter (1991) dengan menggolongkan atau mensegmentasikan pasar seperti itu, dapat dikatakan bahwa secara umum perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari segmentasi pasar, antara lain :
1.      Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2.      Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3.      Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
4.      Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
5.      Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.



B.  Pembahasan
Segmentasi pasar sangatlah dibutuhkan dalam kegiatan bisnis. Banyak factor yang menjadi alas an agar produsen atau suatu perusahaan perlu melakukan segmentasi pasar. Diantaranya adalah agar produsen dapat lebih focus masuk kepasar sesuai dengan keunggulan produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Selain itu, segmentasi pasar juga dapat berfungsi sebagai  faktor kunci untuk mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.  Hal ini dapat sangat menguntungkan bagi perusahaan yang melakukan segmentasi pasar. Dengam melakukan segmentasi pasar, maka perusahaan atau produsen akan mengetahui bagaimana kebutuhan pasar dan apa saja yang sedang menjadi trend di pasar. Maka, perusahaan dapat mencipatakan barang sesuai dengan kebutuhan pasar. Dalam melakukan segmentasi pasar yang efektif ada beberapa factor yang harus dipertimbangkan, antara lain :
·        Dapat Diukur ( Measurability ), yaitu informasi mengenai sifat-sifat pembeli yang mencangkup ukuran, daya beli dan segmen yang dapat diukur. Misalnya, jumlah segmen masyarakar kaya sebagai calon pembeli mobil yang dijadikan segmen penjualan mobil Toyota Kijang.
·        Dapat dijangkau ( Accsessibility ), yaitu segmen pasar yang dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
·        Besarnya cakupan ( subtanstiality ), yaitu tingkat keleluasaan segmen pasar dan menjanjikan keuntungan bila dilayani. Suatu segmen sebaiknya merupakan kelompok yang homogeny dengan jumlah yang cukup besar, sehingga cukup bernilai jika dilayani dengan programpemasaran yang sesuaikan.
·        Dapat dilaksanakan, yakni program yang efektif dapat dirancang untuk menarik dan melayani segmen tersebut. Misalnya, walaupun sebuah perusahaan angkutan antar kota mengidentifikasikan sepuluh segmen pasar, namun stafnya terlalu sedikit untuk mengembangkan pemasaran terpisah bagi tiap segmen.

C. Kesimpulan
Jadi, dari pembahasan diatas dapat di simpulkan bahwa sebenarnya segmentasi pasar perlu dilakukan oleh produsen untuk mengetahui selera pasar agar produsen dapat memproduksi produk (barang atau jasa) sesuai dengan kebutuhan konsumen.


Sumber data (referensi) :
·         www.google.com
·        bisnisukm.com
·        jurnal-sdm.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar