A.Pendahuluan
Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang
bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar ( segmen pasar
) yang bersifat heterogen. Dengan kata lain, segmentasi pasar adalah kegiatan
membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan,
karakteristik, atau tingkah laku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk
atau bauran pemasaran terpisah.
Selain diartikan secara umum, ada juga beberapa ahli yang mendefinisikan
segmentasi pasar, diantaranya adalah:
·
Swastha
& Handoko (1997) mengartikan segmentasi pasar sebagai kegiatan membagi–bagi pasar/market yang bersifat heterogen kedalam
satuan–satuan pasar yang bersifat homogen.
·
Pride
& Ferrel (1995)mengatakan
bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen
pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya
kesamaan perilaku pembeli.
Segmentasi pasar
sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Menurut Porter (1991) dengan menggolongkan atau
mensegmentasikan pasar seperti itu, dapat dikatakan bahwa secara umum
perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan
tingkat penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam
jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif. Selain itu, ada beberapa
manfaat lain dari segmentasi pasar, antara lain :
1.
Perusahaan
akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan
dalam pasar yang senantiasa berubah.
2.
Dapat
mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3.
Dapat
menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
4.
Dapat
mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen
yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
5.
Dapat
digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode
dimana reaksi pasar cukup besar.
B.
Pembahasan
Segmentasi pasar
sangatlah dibutuhkan dalam kegiatan bisnis. Banyak factor yang menjadi alas an
agar produsen atau suatu perusahaan perlu melakukan segmentasi pasar.
Diantaranya adalah agar produsen dapat lebih focus masuk kepasar sesuai dengan
keunggulan produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Selain itu,
segmentasi pasar juga dapat berfungsi sebagai
faktor kunci untuk mengalahkan pesaing dengan
memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda. Hal ini dapat sangat menguntungkan bagi
perusahaan yang melakukan segmentasi pasar. Dengam melakukan segmentasi pasar,
maka perusahaan atau produsen akan mengetahui bagaimana kebutuhan pasar dan apa
saja yang sedang menjadi trend di pasar. Maka, perusahaan dapat mencipatakan
barang sesuai dengan kebutuhan pasar. Dalam melakukan segmentasi pasar yang
efektif ada beberapa factor yang harus dipertimbangkan, antara lain :
·
Dapat Diukur (
Measurability ), yaitu informasi mengenai sifat-sifat pembeli yang mencangkup
ukuran, daya beli dan segmen yang dapat diukur. Misalnya, jumlah segmen
masyarakar kaya sebagai calon pembeli mobil yang dijadikan segmen penjualan
mobil Toyota Kijang.
·
Dapat dijangkau (
Accsessibility ), yaitu segmen pasar yang dapat dijangkau dan dilayani secara
efektif.
·
Besarnya cakupan (
subtanstiality ), yaitu tingkat keleluasaan segmen pasar dan menjanjikan
keuntungan bila dilayani. Suatu segmen sebaiknya merupakan kelompok yang
homogeny dengan jumlah yang cukup besar, sehingga cukup bernilai jika dilayani
dengan programpemasaran yang sesuaikan.
·
Dapat dilaksanakan,
yakni program yang efektif dapat dirancang untuk menarik dan melayani segmen
tersebut. Misalnya, walaupun sebuah perusahaan angkutan antar kota mengidentifikasikan
sepuluh segmen pasar, namun stafnya terlalu sedikit untuk mengembangkan
pemasaran terpisah bagi tiap segmen.
C. Kesimpulan
Jadi, dari pembahasan diatas dapat di simpulkan bahwa
sebenarnya segmentasi pasar perlu dilakukan oleh produsen untuk mengetahui
selera pasar agar produsen dapat memproduksi produk (barang atau jasa) sesuai
dengan kebutuhan konsumen.
Sumber data (referensi)
:
·
bisnisukm.com
·
jurnal-sdm.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar